This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Proses Pengerjaan Pembuatan Sumur Bor dari Awal sampai Akhir

jasa sumur bor bandung/service sumur bor/jasa geolistrik


Dalam hal pengerjaan tahapan-tahapan yang perlu konsumen ketahui dari awal sampai akhir sehingga konsumen tahu dan dapat memonitori nya selama kami melakukan pengerjaan kami. Tahapannya adalah sebagai berikut :


1. Konsumen yang berminat akan jasa kami terlebih dahulu berkonsultasi mengenai harga, lokasi, jenis sumur, kedalaman sumur, bahan material yang  akan dipakai dan jenis pompa air. Setelah ada kesepakatan antara kami dengan konsumen dan titik sumurnya sudah di tentukan, baru kami datang dengan membawa mesin bor yang disesuaikan dengan jenis sumur yang akan dibuat dan team pekerja.


2. Mob demob mesin bor dan team pekerja 

Pengangkutan dan mobilisasi Peralatan dan team pekerja dari workshop atau gudang ke lokasi pekerjaan.


3. Setting mesin bor, merangkai mesin pengeboran sehingga siap digunakan.



4. Membuat Spull bak atau bak penampungan air yang berfungsi untuk sirkulasi air, karena pengerjaan pengeboran harus selalu ada air kerja yang berguna untuk membawa catingan atau pecahan kecil batuan hasil pengeboran supaya naik keatas. Maka dari itu ketersediaan air untuk kerja sangat diperlukan.



5. Melakukan pengeboran awala tau pilot hole

Setelah semua dirasakan cukup, maka proses pengeboran dapat dilakukan. Pertama-tama kami melakukan pengeboran sampai kedalaman yang cukup untuk pemasangan casing 4inn. Pemasangan casing 4" berupa pipa jamban 4" yang berfungsi untuk penutupan air kotor/tidak disedap atau diambil airnya karena air tersebut kualitasnya tidak bagus, jangan sampai lapisan yang dipasang pipa 4" tersebut bocor dan air nantinya bercampur dengan air yang akan disadap/diambil.


6. Pengeboran dilanjutkan sampai kedalaman yang telah disepakati.



7. Pemasangan pipa reducer atau pipa saringan

Setelah pengeboran sampai pada kedalaman yang telah disepakati, maka langkah selanjutnya memasukan pipa reducor, tujuannya supaya air dapat masuk melalui celah tersebut dan ini yang dinamakan penyadapan air.

8. Spulling atau Pengurasan
Setelah pengeboran selesai dan pipa reducer telah terpasang baru selanjutnya adalah tahap pembersihan lubang sumur bekas pengeboran, berupa tanah dan pasiran serta material lain yang masih mengendap dalam sumur.


9. Pemasangan Pompa Air/Pompa Hisap

Biasanya jenis pompa yang digunakan disesuaikan dengan jenis sumurnya, jenis sumur submersible menggunakan pompa celup atau satelit dengan berbagai macam merk dan kapasitas pompa. Sedangkan jenis sumur jetpump menggunakan mesin jetpump. Tetapi kebanyakan konsumen untuk daerah perkotaan telah beralih menggunakan jenis pompa submersible.


10. Tahap penjernihan air 
Air yang dihasilkan dari pengeboran pertama keluar tentu masih keruh dan agak berbau, dari itu perlu proses penjernihan, yaitu air terus dipompakan atau dihisap secara terus-menerus selama beberapa waktu. lamanya proses itu tergantung lokasinya, ada yang cuma beberapa jam, tetapi terkadang ada daerah yang lama jernihnya, selama itu sumur terus mengeluarkan pasir/lumpur, Karena di dalam sumur tersebut lapisan tanah/pasir nya terus mengikis dan membuka pori-pori air supaya air masuk kedalam sumur.


11. Penyaluran/Intalasi dari sumur ke torn penampungan air

Setelah air dirasakan cukup jernih dan dapat langsung dipakai, air tersebut selanjutnya disalurkan ke torn penampungan yang selajutnya dialirkan ke saluran-saluran lain, tapi ini adalah proses diluar spek pengerjaan, kalau pun bisa dikerjakan


12. Perapihan kembali lokasi bekas pengeboran
seluruh tahap pembuatan sumur bor dirasakan sudah selesai maka selanjutnya team pengeboran merapihkan lokasi bekas pengeboran, penutupan kembali bak sirkulasi, perapihan kabel-kabel pompa dan membawa pulang mesin pengeboran.



Itulah tahapan pembuatan sumur bor yang kami lakukan dari awal sampai akhir, dan ini adalah proses pembuatan sumur bor rumah tangga jenis submersible dan jetpump. Pada tahapan proses pembuatan untuk sumur bor artesis itu berbeda proses tahapannya dan akan kami bahas pada artikel selanjutnya.




Bagi anda yang membutuhkan jasa kami, anda kami persilahkan untuk menghubungi kami jasa sumur bor Bandung, konsultasi masalah pembuatannya atau perencanaannya, mengenai harga dan yang lainnya. Kami akan melayani anda dengan senang hati, dan lokasi yang akan kami bor akan kami survey terlebih dahulu oleh team  survey kami. Kalau perlu kami menyarankan supaya lokasi yang akan dibor untuk wilayah luar kota atau daerah yang belum ada pengeboran supaya dicek geolistrik dulu untuk mengetahui apakah lokasi yang akan dibor bisa dilakukan pengeboran lapisan tanahnya, bagaimana akuifek airnya, ada dikedalaman berapa? sehingga kalo daerah tersebut tidak layak diadakan pengeboran kami tidak akan menyarankan pengeboran,  dan untuk menentukan dikedalam berapa sumur tersebut harus dibuat.